Minggu, 14 Maret 2010

Penglihatanku (8)

Sialan..!! Ayam jantan tuh udah sok2 hebat!! Buat2 ribut di pagi2, aku kebangun, masih di kribonya Bobby. Bobby masih kebangun, gak tidur kaya'nya nih orang. Dia duduk di samping adiknya yang masih tidur, sampe sekarang aku masih belum tau nama adiknya ini. Gak lama adiknyapun bangun, langsung senyum waktu sadar orang yang pertama dia liat adalah Bobby, yang duduk di sampingnya.

Bobby nanyain adiknya apa ada rencana pergi sekolah hari ini, adiknya ngangguk, Bobby nyuruh adiknya mandi. Si adik ngambil anduknya Bobby yang kesangkut di beton teras, lalu mandi di kamar mandi atas, kamar mandi Bobby.

Bobby bakar rokok, duduk di teras sambil nungguin adiknya mandi. Di bawah aku ngeliat Nisa bawain secangkir kopi, naik ke atas. Bobby ngucapin makasih, si cewe' turun balik ke bawah. Bobby nerusin ngerokoknya sambil nikmatin kopi, gak lama adiknya keluar dengan cuma berselimut anduk yang diikat di pinggangnya terjurai ke lantai, anduknya kebesaran, Bobby ketawa kecil, dia buka anduk yang dipake adiknya, ngelipatnya, lalu dipakein balik ke pinggang adiknya, udah terasa pas sekarang dengan postur kecil itu.

Bobby nyuruh adiknya turun untuk pake baju, adiknya turun, sementara dia nerusin ngopi paginya. Setelah kopinya abis, Bobby masuk ke dalam dan ngambil tasnya, pake sepatu, lalu turun. Gak pake pikir2 panjang lagi, aku langsung terbang masuk ke dalam tasnya.

Bobby jalan menuju pos si satpam berkumis, pamitan, si satpam ngangkat tangan. Mau kemana nih orang hari ini? Aku simpan aja dulu rasa penasaran ini, perut lapar, mending kuisapin darahnya dikit, di belakang lehernya. Dia gak kerasa.

Bobby terus jalan. Sampelah dia di gerbang satu universitas, ngapain dia ke sini? Jangan2 dia ini seorang mahasisiwa? Tapi penampilannya? Aku gak mau nebak2 lagi, dari pertama aku nebak kehidupannya, semua salah, tapi penampilannya lebih mewujudkan seorang gembel daripada mahasiswa.

Sampelah dia di satu kampus, Fakultas Teknik. Dia menuju kantin, sampe di kantin banyak orang yang nanyain kabarnya, udah lama dia gak keliatan di kampus. Sebentar duduk sama temen2nya di kantin, dia masuk ke gedung kampus, terus masuk sampe di satu ruang, ruang kuliah, ternyata dia bener2 seorang mahasiswa, mahasiswa teknik sipil, keliatan dari isi kuliahnya yang ngebahas tentang beton.

Di kelas, Bobby keliatan aktif, banyak pertanyaan yang diajukannya ke si dosen, disambung dengan dikit debat. Setelah beberapa jam, kuliah berakhir. Bobby keluar, keluar dari kampusnya, jalan entah kemana lagi sekarang.

Di jalan, Bobby mempercepat jalannya, menuju ke satu mesjid, ngapain lagi dia ke sini, apa mau tobat nih orang? Akhirnya gak perlu waktu lama untuk aku tau tujuannya ke mesjid. Keliatan dari arahnya, toilet. Buset..!! Pergi ke mesjid cuma untuk boker.

Abis boker, Bobby jalan lagi, aku tetap di dalam tasnya. Di tengah perjalanan, aku sekarang tau ke mana arahnya, pasar, pasti ke warungnya Joni. Betul aja, tapi kaya'nya ada satu kejadian yang dilewatin Bobby di warungnya Joni. Keliatan orang agak rame di situ. Warungnya Joni abis kebakar! barang2nya abis ancur! Bapaknya Joni, dengan kumis ala Hitler, terduduk lemas, gitu juga dengan Joni, duduk lemas dengan raut muka berselimut dendam.

Bobby datangin Joni untuk nanya ada kejadian apa. Joni ceritain semuanya. Rupanya semalam, di tengah malam, ada sekelompok anak2 punk yang datang ke warungnya, warung diobrak-abrik dan dibakar. Joe diculik. Joni keliatan ancur mukanya, berdarah2 dan jendol2.

Bobby pergi dari tempat itu, dia ninggalin warung Joni. Dari arah jalannya, kaya'nya dia mau pulang ke rumahnya. Sampe, betul dia pulang. Dari gerbang rumahnya dia menuju garasi mobil di belakang, di garasi itu aku ngeliat ada 2 mobil mewah terparkir. Dia terus masuk ke satu sudut garasi, ke satu ruang kecil yang tergembok. Bobby ngeluarin kunci dari dalam tasnya, yang tentu aja aku udah keluar duluan dari tas itu.

Buset..!! Apa yang kuliat!! Di dalam ruang kecil di garasi itu. Sebuah motor sporty, Aprillia. Bobby menaiki motor itu, aku cepat2 masuk balik ke dalam tas. Untung aku udah duluan masuk, karena kalo dikit aja telat, gak bakalan bisa aku ngejar lagi si Bobby, dia ngebut dengan motornya, cukup kencang. Bobby balik lagi ke warung Joni, dia berhenti pas di depan Joni yang lagi lesu mikirin dagangan bapaknya. Joni keliatan terkejut dengan kedatangan Bobby. Dia udah lama gak ngeliat motornya Bobby.

Aku keluar dari tas, sembunyi di rambutnya Bobby. Bobby ngasih kunci motornya ke Joni, dia ngeluarin satu buku dari tasnya, dia juga ngeluarin satu surat dari dompetnya, dikasih ke Joni. Bobby nyuruh Joni ngejual motornya buat modal buka balik warungnya. Joni terdiam. Bapaknya, yang berkumis ala Hitler itu datangin Bobby dan menolak pemberian Bobby, Bobby cuma diam. Lalu Joni ngajak bapaknya ngomong dan jelasin kalo Bobby paling gak suka ditolak. Bobby langsung pergi dari tempat itu.

Bobby pergi ke tempat pertama kali dia jumpa dengan si Joe. Pemikiran yang tepat! Di sana Bobby ngeliatin Joe yang babak belur sedang dikejar2 sama beberapa anak punk. Aku keluar dari rambut Bobby, terbang ke pohon yang dulu aku pernah sembunyi di situ. Bobby ngeluarin kapak yang ada di dalam tasnya, dia juga ngeluarin satu obeng monyet dari tas itu. Buset!! Aku gak pernah tau kalo di tas itu juga ada satu obeng besar.

Joe lari ke arah Bobby. Bobby lari ke arah gerombolan anak2 punk itu, dengan obeng besar di tangan kanan dan kapak di tangan kiri. Anak2 berambut mohawk itu lari berpencar ngeliat Bobby ngedatangin mereka dengan kapak di tangan. Satu orang jatuh karena dikibas dengan obeng kepalanya oleh Bobby, kepalanya ngeluarin darah. Joe datangin pohon tempat aku sembunyi, keduduk lemas dengan muka ancur2an.

Bobby berdiri di depan seorang anak punk yang kepalanya berdarah, kesungkur di kaki Bobby sekarang. Raut muka Bobby nunjukin kemarahan, merah. Dia ngangkat kapak di tangan kirinya, si anak punk keliatan nangis sambil minta ampun, Bobby berhenti, gak jadi dia kibas kapak di tangannya, tapi tangannya masih terangkat ke atas, dia terlihat mikir.

Buset!! Bobby ngelempar kapak di tangannya! Untungnya gak ke muka tuh orang, ke sampingnya dikit, gak jadi mati tuh orang, dia keliatan terkejut, pucat, masih ngeluarin air mata. Sialan nih orang, tampang aja sangar, tapi nangis kaya' anak cemen. Bobby ngeliatin dia dengan muka marah. Dia nyuruh pemuda itu pergi, pemuda itupun lari tebirit2.

Bobby datangin si Joe yang lemas di bawah pohon, minta penjelasan. Joe ceritain semuanya, dia abis dipukulin di bekas markas punknya dulu yang gak jauh dari tempat itu, tapi dia berhasil melarikan diri. Bobby nolongin Joe berdiri, dia ngajakin Joe ke satu tempat, aku masuk ke dalam tas Bobby.

Setelah lama jalan, rupanya Bobby ngajak ke tempat yang gak asing buat aku, gunung tempat tinggal aku, aku balik pulang ke rumah, senangnya. Di sana mereka ber2 duduk di lereng tempat aku dulu ngeliat Bobby untuk pertama kali. Joe ceritain semuanya ke Bobby di situ, ternyata Joe sama kaya' aku, sama2 yatim piatu, dia gak punya siapa2 lagi. Dia sangat berterima kasih ke Bobby, dia juga ngerasa gak enak dengan Joni dan keluarganya. Gara2 dia warung Joni ancur. Bobby cuma diam, dengar cerita Joe dan semua keluh kesahnya, gak ada komentar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Membenarkan yang salah, menyalahkan yang benar