Jumat, 12 Maret 2010

Penglihatanku (7)

Asik juga lagu yang dinyanyiin Bobby. Dari liriknya, aku makin yakin ini pasti lagu ciptaannya, bahasa yang dipake, persis bahasa Bobby, malam ini dia nyanyiin lagu2 pemberontak yang lagi sedih. Tiba2 Bobby berhenti nyanyi, pandangannya menuju ke bawah. Penasaran, aku terbang lebih ke depan buat ngeliat ada apa di bawah ribut2.

Apa2an ini? Koq rame orang di bawah? Anak2 muda lagi party di kolam renang. Bobby cuma duduk diam ngeliatin orang rame itu, cuma diam. Daripada aku ikut2an sangak di sini, mending aku masuk kamar aah. Di kamar, aku hinggap di gitar elektriknya bobby yang tergantung di dinding. "Hoy Nyamuk..!!" Tiba2 ada yang manggil aku dari balik lemari baju Bobby. "Yop..!! Ada masalah apa Wak?!" Rupanya seekor kecoak yang negur aku tadi.

Kecoak itu rupanya udah beberapa kali ngeliat aku di kamar ini, dia gak tau kalo si nyamuk tua penguasa kamar ini yang sebelumnya udah pergi. Aku ngejelasin semuanya ke tuh kecoak.

"Ooooh gitu, dasar si pak tua, pergi gak bilang2, aku temen baiknya dia di kamar ini padahal, kalo gitu sekarang ada nyamuk yang lebih muda yang bakal ngejaga kamar ini dari nyamuk lain, misi kita sama, cuma bedanya aku ngejaga kamar ini dari kecoak lain, salam kenal." Si kecoak pamit untuk tidur balik ke balik lemari.

Tiba2 aku ngeliat ada nyamuk lain hinggap di jidat si adik, Anophles!! "Hoy Phles..!! Jangan macam2 di daerah aku..!!" Langsung aja kugertak dia. Rupanya tuh Anophles, yang udah agak tua, musuh bebuyutannya senior aku, si nyamuk tua. Dia gak pernah menang dalam pertarungan dengan si nyamuk tua untuk masuk ke kamar ini. Begitu dia tau si nyamuk tua udah pensiun, dia beraniin diri untuk masuk ke kamar ini.

Gak ada kata kompromi, pertarungan terjadi, kukibasin sayapku ke moncongnya, dia terkapar di idung si adik, pertarungan yang sengit, saling membalas, dengan latar wajah seorang anak kecil. Aku mulai lemas, gak tau apa si Anophles juga ngerasa lemas kaya' aku, seumur2 aku gak pernah dapat lawan seberat ini. Tiba2 satu telapak besar, kekar, berurat2, menepuk ke arah kami yang lagi berantam, aku selamat berkat kelincahan dan refleks yang mumpuni, tapi ajal bagi si Anophles, kejepit.

Ternyata itu tangannya Bobby yang masuk ke kamar untuk ngecek adiknya yang tidur. Tamatlah riwayat si Anophles, mati sia2.

Bobby berbaring di samping adiknya dan tidur dengan suara gaduh anak2 muda lain yang sedang party di halaman kolam renang. Aku jadi penasaran, siapa yang ngundang orang2 rame itu ke rumah, aku terbang ke bawah.

Sialan!! Aku gak kenal seorangpun dari anak2 muda ini, aku terbang ke sana ke sini, seorangpun gak ada yang kukenal, sampe aku tiba di satu pojok taman, kue ulang tahun, di samping adik tirinya Bobby, Donna, gak salah lagi, ini dia orang yang ngundang anak2 muda dengan penampilan modis2 ini. Aku pening lama2 berada di taman ini, mending aku naik lagi ke kamar. Matapun udah mulai ngantuk.

Enaknya tidur di pojok mana ya? Aku harus cari tempat yang setidaknya aku bisa sadar kalo2 Bobby bangun nanti, dimana ya? Kalo di tas, takutnya Bobby keluar gak bawa tas nanti. Aku dapat ide, di lipatan celana jins Bobby. Kalo dipikir2, nih orang tidurpun pake celana jins sobek ini, aneh emang nih orang.

Tiba2 di tengah malam badanku keguncang2, Bobby bangun. Aku terbabg dari celana jins itu. Bobby kaya'nya gak bisa tidur, suara gaduh anak2 muda tadi udah gak ada lagi. Bobby keluar ke teras kamarnya, dengan bawa gitar akustiknya, asiiik, dia pasti mau nyanyiin lagi lagu2nya, aku suka dengan lagu2 ciptaannya.

Betul dugaan aku, kaya'nya nih pemuda lagi sedih, musik yang dia nyanyiin terkesan santai, ringan, berontak, sedih, tapi asik didengar, suaranyapun serak2 berat dengan permainan napas yang sesuai. Aku dengarin Bobby nyanyi di ujung anak tangga sambil nikmatin pemandangan taman kolam renang rumahnya Bobby. Rumah ini punya halaman yang luas. Tiba2 di remang2nya taman di malam itu, seorang cewe' kuliat keluar dari rumah ngeliat ke atas, ke arah Bobby, Bobby gak sadar diliatin.

Abis beberapa lagu dinyanyiin, Bobby baru sadar kalo ada orang yang lagi ngeliatin dia, dia berhenti nyanyi. Si cewe' yang di bawah, abis tau Bobby ngeliatin dia, terkejut, dia diam sebentar, lalu naik ke atas, ke arah Bobby, aku gak kenal ama dia.

Dia negur Bobby, rupanya dia temannya Donna yang nginap di rumah Bobby, dia gak bisa tidur, tiba2 dia dengarin suara Bobby lagi nyanyi di sepinya malam, dia penasaran dengan suara yang menurut dia asik itu, emang asik suaranya Bobby. Namanya Nelly. Dia nanyain ke Bobby lagu siapa yang dinyanyiin Bobby karena dia gak pernah dengar lagu itu. Ternyata betul dugaanku, itu lagu ciptaannya Bobby sendiri. Nelly minta Bobby untuk nyanyiin lagi lagu2 yang dia dengar tadi.

Dia duduk diam dengarin lagu2 Bobby. Abis dengarin beberapa lagu mello-nya Bobby, dia permisi untuk tidur, dia turun. Bobby nerusin nyanyiin lagu2nya, dia nyoba nyiptain lagu2 baru, itu terliat dari pulpen yang dia ambil dari kantong celananya, dia tulis di lantai semen teras kamarnya.

Aku mulai ngantuk tapi masih pengen nemenin Bobby di sini. Akhirnya aku putusin untuk rebahin diri di rambut kribo gondrongnya Bobby....

2 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Membenarkan yang salah, menyalahkan yang benar