Kamis, 06 Mei 2010

Penglihatanku (19)

Rani kaya'nya mulai tertarik sama si Bobby yang kumal, brutal, gembel, gak ada bagusnya dikitpun kalo diliat dari segi penampilan, tapi punya beberapa bakat luar biasa. Gimana nggak, yang pertama jelas Rani terpesona sama lagunya Bobby, yang kedua, Rani pasti gak pernah nyangka sebelumnya kalo tugas yang dianggapnya susah, dengan sebentar aja terselesaikan di tangan Bobby. Rani mulai penasaran dengan latar belakangnya Bobby, itu keliatan dari pertanyaan2 yang diucapin Rani ke Bobby. Rani nanyain koq Bobby bisa ngerti dengan tugasnya?

Bobby kaya'nya malas2an buat ngejawab pertanyaan2 Rani, dia malas buat cerita kehidupannya, tapi dijawab juga dikit2, walaupun jawaban2 nanggung. Rani ngajakin Bobby ke rumahnya, Rani minta diajarin sama Bobby, karena besok ada midtest. Bobby diam, gak ada ekspresi. Bobby nolak, dia gak ada bakat ngajar katanya, tapi Bobby punya dikit tulisan tentang kuliah Rani itu, Bobby minta flesdis sama Rani. Flasdis? Apaan itu yah? Rani rupanya gak bawa flesdis, ketinggalan di rumah katanya. Apaan sih flesdis? Aku koq gak pernah dengar?

Bobby diam, keliatan sedang mikir. Akhirnya dia buka ranselnya, keliatanlah kapak, obeng monyet, dan lainnya, macam2 ada di dalam situ, pantesan gembung gitu tasnya, apa Bobby gak keberatan ya tiap hari make tas itu? Ada satu lagi pertanyaan yang ada di otak aku, waktu di bandara koq lo2s ya tas ini? Aku gak bisa jawab pertanyaan terakhir ini, sebab aku udah setengah sadar waktu di bandara dulu, aku gak tau ada kejadian apa di luar, mungkin juga aku udah pingsan dulu di dasar tas ini.

Dari dalam tas itu, Bobby ngeluarin laptopnya, tapi Rani keliatan terkejut, terdiam, ngeliat ke arah tas Bobby, Rani keliatan takut. Rani nanyain sebenarnya Bobby ini siapa? Dia masih ngeliat ke arah tas Bobby. Bobby diam, dia rogoh lagi tasnya, dikeluarin carger laptopnya. Laptop dan cargernya sekarang ada di atas meja, disorong dikit ke arah Rani, Bobby minjamin laptopnya ke Rani, dia ngasih tau nama dokumen yang harus dibaca oleh Rani. Rani diam, kaya' gak berani ngambil laptop Bobby.

Akhirnya Rani ngomong, dia gak mau minjam laptop itu, takut rusak alasannya. Dia ngasih satu solusi, Rani ngajak Bobby ke rumahnya, sampe di rumah, tinggal dipindahin deh tuh dokumen ke flesdis. Flesdis lagi, apa sih flesdis itu? Aku jadi makin penasaran.

Rani juga bilang kalo dia lagi malas bawa motor, jadi rani minta tolong ke Bobby buat boncengin dia naik motornya sendiri sampe ke rumah. Bobby setuju. Mereka pergi. Aku udah nyungsep duluan ke dalam tasnya Bobby.

Naaah.. Sampe juga di rumah Rani, mereka masuk. Sampe di dalam, Bobby du2k di ruang tamu, nungguin Rani ngambil flesdis ke dalam. Aku gak sabar lagi nunggu buat ngeliat bentuk si flesdis itu. Rani balik, dia ngasih satu benda kecil yang dulu pernah kuliat waktu Bobby buatin gambar & anggaran biaya perumahan temannya di warung kopi dulu. Oooooohhhh... benda ini rupanya namanya flesdis.....

Abis di transfer dokumennya, Bobby minta permisi, tapi Rani nahan Bobby pergi. Kata Rani dia lagi males sendirian, dia mau Bobby temenin dia, jalan2. Bobby diam, Rani langsung nyambar tangan Bobby, keluar dari rumah, jalan2 di sekitar itu.

Banyak yang mereka bicarain waktu jalan2, tapi bukan tentang kehidupan Bobby, karena Bobby agak nutup waktu mulai bicarain hidupnya, Ranipun sekarang seolah sadar kalo Bobby gak mau bicarain hidupnya, Rani sekarang mulai cerita pengalaman2 bermusiknya.

Tiba2 Rani ingat kalo malam Minggu ini dia bakalan main musik di cafe temennya, Rani ngajakin Bobby duet lagi, Rani pengen duet bawain lagu2nya Bobby kali ini. Bobby keliatan mikir, tapi Rani terus mohon dan dikit maksa, Bobbypun lu2h, dia mau.

Gak terasa udah cukup jauh mereka jalan, sekarang mereka ada di taman kota tempat Bobby du2k semalam. Yaaaah.... Ujung2nya balik lagi kemari. Rani beli kacang, mereka du2k berdua di sana sambil makan kacang, di samping kolam ikan di taman itu.

Di seberang kolam, Bobby ngeliat ke sana, waktu kuliat, cuma seorang anak kecil yang du2k meluk lututnya sendirian. Bobby bangun, jalan menuju anak itu, Rani ngekor dari belakang. Wooohh... rupanya anak yang dulu dikasih duit sama Bobby waktu nyopet dia dulu. Si anak kecil itu keliatan sedih, Bobby nanyain ke si anak kenapa dia keliatan sedih. Si cebol mulai cerita, rupanya ayah si anak kecil itu masuk rumah sakit karena ketabrak, kakinya harus diamputasi, tapi dia gak punya biaya. Bobby diam, Rani juga. Bobby ngeluarin kertas dari kantung jinsnya, kertas brosur festival musik rock yang tadi, berhadiah puluhan juta.

Kaya'nya Bobby bakalan ikut festival itu, tapi dia mau main dengan siapa? Teman2 band "nyamuk"nya di kota sana, dia gak punya kawan di kota ini. Rani ngomong, dia mau bantuin Bobby buat ikut festival itu. Tapi kalo dipikir2, aliran musik mereka kan blues, masuk gak ya ikut festival musik rock?

Bobby rupanya sepikiran dengan aku, dia jelasin pikiran itu ke Rani. Tapi Rani tetap ngotot, "kita coba aja" kata Rani. Rani ngajak Bobby dan anak kecil itu pergi ke tempat pendaftarannya. Mereka bertiga pergi......

4 komentar:

  1. gan ane salah ini sih jangan cuma di jadiin novel aja kalo bisa film sekalian gan... tanggung cuma jadi novel sih
    ceritanya rame,asik,naik-turun ceritanya juga dapet,bacanya juga gak bikin bosen

    guy.damon

    BalasHapus
  2. hahaha.. ada2 aja lu gan...
    (jadi tersanjung nih..))))

    BalasHapus
  3. serius gan ane gak bercanda..
    btw, keep berkarya

    guy.damon

    BalasHapus
  4. jadi film ok nih gan... novel juga ok... mungkin novel dulu trus minta diangkat ke layar lebar... unik abis gan... berbau benchmark... tapi tetep orisinil... ATM... Amati Tiru Modifikasi... lanjut gan...
    _mophet_

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Membenarkan yang salah, menyalahkan yang benar