Senin, 03 Mei 2010

Penglihatanku (18)

Bobby terus jalan, rupanya dia menuju ke taman yang dulu dia pernah du2k untuk pertama kali datang ke kota ini, tempat yang dulu dia pernah kecopetan oleh bocah gembel. Di taman itu Bobby metik gitarnya, santai, berkelas, sambil merhatiin orang berdatangan mengunjungi taman di sore hari.

Lagi asik2nya du2k sendirian mainin gitarnya, tiba2 terdengar orang nepuk tangan kecil dari arah belakang Bobby, seorang pemuda, kira2 seumuran Bobby, kaya'nya dia senang dengarin permainan gitarnya Bobby, dia tepuk tangan sambil muji permainan gitarnya Bobby, du2k di sebelah Bobby, ngomong2 bentar dengan Bobby soal gitar, dan pergi.

Malam mulai datang, langit mulai gelap, Bobby pergi dari kamar itu, pergi jalan entah kemana lagi sekarang. Sampelah Bobby di satu cafe kecil, dia pesan makanan. Bobby makan pelan, dia kaya'nya lagi mikirin sesuatu, ataupun lagi ingat kejadian di rumah, entah apa yang ada di pikiran Bobby. Dikit2 makanannyapun abis, Bobby isap rokok, ngeliat ke arah luar cafe, masih kaya' orang yang sedang mikirin sesuatu, tingkah Bobby kali ini benar2 nunjukin kalo dia lagi ada masalah.

Abis sebatang rokok, Bobby mainin lagi gitarnya, pelan, santai, tapi tetap ngeliatin kalo dia punya skill dalam ngolah gitar. Setelah agak lama ngabisin waktu du2k di cafe itu sendirian, Bobby pergi dari cafe, tapi di parkiran cafe itu......., Bobby berdiri diam, di arah parkiran lagi jalan masuk ke arah cafe, Nelly, kawannya adik tiri Bobby, ada di situ, buset.....

Nelly keliatan terkejut waktu ngeliat Bobby di hadapannya, raut mukanya ngeliatin satu kegembiraan, koq bisa kebetulan gini ya..? Nelly langsung hampiri Bobby, sementara 2orang yang datang bareng dia, laki2 dan cewe yang udah agak tua langsung masuk ke dalam cafe. Nelly nanyain kabar Bobby, katanya adik dan ka2k Bobby ahir2 ini keliatan selalu sedih di rumah sepeninggal Bobby. Rupanya Nelly datang ke kota ini karena ada familinya nikah di kota ini, dia benar2 gak nyangka bisa ketemu Bobby. Bobby cuma bentar ngobrol ama Nelly, dia pamit permisi.

Bobby balik ke taman tadi, baringin diri di kursi panjang yang ada di taman. Dengan berbantal tas ranselnya, Bobby meluk kuat2 gitarnya, mungkin kali ini dia takut gitarnya diambil orang lagi. Bobby nutupin mata, lama dia nutupin matanya, gak salah lagi, dia pasti ketiduran nih. Tapi aku belum ngantuk nih, cuma perut yang kerasa lapar, kuisapin deh darahnya Bobby dikit, mumpung dia gak sadar diri. Lagi asik2 ngisap darahnya Bobby, tiba2 dia kebangun, aku langsung terbang ngejauhin dia, Bobby langsung du2k di kursi itu, liat keadaan sekitar, orang masih rame di taman itu.

Bobby bakar rokok. Tiba2 datang seorang gadis godain dia, eh bukan, ini bukan gadis, BENCONG..!! Sialan nih makhluk jadi2an, gak tau apa yang digodanya ini orang yang lagi penuh masalah!! Tapi Bobby cuma ngeliatin bencong itu tanpa reaksi, tanpa ekspresi. Si bencong jadi kikuk ndiri ahirnya diliatin Bobby dengan pandangan itu, dia du2k di sebelah Bobby. Tampang si bencong mulai ngeliatin keseriusan. Dia nanyain Bobby, "lagi punya masalah ya mas?" Begitu katanya. Bobby cuma diam, ngeliat ke arah sepasang anak muda yang lagi berduaan.

Buset nih bencong, bisa juga dia serius rupanya. Dia ngeluarin satu statement, katanya begini, "Bukan hidup namanya kalo gak ada masalah, bukan kita aja di dunia ini yang punya masalah, semua juga punya, liat aja di metro tv, setiap jamnya pasti ada headline news, setiap jamnya pasti ada berita, setiap jamnya pasti ada kejadian, hidup ini sendiri emang udah jadi satu masalah bagi kita manusia, jangan tambah kita pusingin diri sendiri lagi dengan masalah baru, kalo satu masalah itu bisa kita jadiin sebagai bukan masalah, ngapain pusing2 nyari solusinya, emang apa sih yang dipikirin banget dunia ini? Akhirnya toh kita mati juga".

Abis dengarin statement tuh si bencong, Bobby ngeliatin bencong itu, si bencong senyum, dan permisi pamit.

Bobby terus du2k di kursi itu, ngeliatin aktifitas manusia2 tengah malam di situ, sampe pagi, Bobby gak tidur2 lagi. Bobby jalan, pergi dari tempat itu, nih kalo dari arahnya, Bobby pasti balik ke kampusnya Rani, ngapain lagi dia sekarang ke sana?

Sampe di kampus itu, Bobby pergi ke kantinnya, du2k persis di tempat dia du2k bareng Rani kemarin. Minum kopi sambil ngerokok. Lagi ngopi, tiba2 datang satu pemuda du2k di sebelah Bobby, dengan jins sobek di lutut, jaket kulit, tindik di kuping, rambut di-stel abis, sepatu bot.

Rupanya pemuda ini ngeliain Bobby manggung bareng Rani kemarin, rupanya lelaki ini udah lama dekatin si Rani, dia terkejut tiba2 kemarin dia ngeliatin Rani duet sama gembel kaya' Bobby, dia mulai ngerendahin Bobby, katanya koq bisa Rani yang luar biasa mainin piano duet dengan gembel pengamen kaya' Bobby yang skill gitarnya gak ada apa2nya dibandingin dia, Bobby cuma diam, gak nanggapin omongan si pemuda dengan tampang rocker itu.

Abis puas ngehina Bobby, si pemuda cabut. Sebelum cabut, dia nantangin Bobby ikut festival musik rock, dia ninggalin satu kertas tentang festival itu, dia kaya'nya gak terima ngeliat Bobby duet dengan Rani kemaren, dia nyuruh Bobby ngajakin teman2 pengamennya buat ikut festival ini. Buset nih orang, sombongnya, dia belum tau kalo Bobby ini anak orang kaya apa? Bikin emosi aku aja.

Si pemuda sombong itu pergi, Bobby ngeliatin brosur yang ditinggalin pemuga itu, lalu diremas, dimasukin ke dalam kantung celananya. Bobby ngelanjutin ngopinya.

Lagi ngopi, Bobby dicokeh dari belakang. Rani, dengan senyum manisnya, datang du2k di samping Bobby, dia kecewa Bobby gak nungguin dia kemaren, tapi bahagia bisa jumpa lagi dengan Bobby hari ini. Dia nyeritain kalo tugas yang kemaren cuma dia yang betul jawabannya, dia ngucapin terima kasih ke Bobby.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Membenarkan yang salah, menyalahkan yang benar