Selasa, 25 Mei 2010

Penglihatanku (24)

Cukup lama juga Bobby dengan Rani pergi, udah lewat jam makan siangnya manusia. Tiba2, waktu anggota band nyamuk yang lainnya sedang makan nasi bungkus yang dibeli Maya, datang seorang pemuda yang berpenampilan agak rapi ke arah mereka. Si pemuda ini ngomong dengan anggota band nyamuk. Rupanya dia dari salah satu perusahaan label rekaman, mau nawarin kontrak ke band nyamuk. Joni, Joe, dan Maya keliatan senang dengan tawaran itu, tapi mereka gak berani ambil keputusan tanpa Bobby, dialah leader band ini. Jadi mereka mutusin untuk nunggu Bobby, si pemuda agak rapi itupun juga ikut nunggu Bobby.

Selesai makan, Bobby dan Rani juga belum muncul, kemana ya kira2 mereka pergi? Wesss... Itu mereka balik..!! Bobby pasti senang dengar penawaran kontrak ini. Ketika Bobby sampai, si pemuda agak rapi ini ngomong lagi tentang penawaran itu. Bobby gak bereaksi, cuma ngeliat ke arah kawan2nya. Jonni mulai bicara, katanya semua ini tergantung sama Bobby, dia ngikut aja. Joe juga sependapat dengan Jonni. Akhirnya Bobby ngambil keputusan, keputusan yang di luar prediksi aku sebelumnya.

Bobby nolak tawaran itu, menurutnya musik bukan ajang untuk nyari duit, musik adalah hidupnya, musik adalah hobbynya, dan musik adalah jiwanya, dia gak mau musik jadi profesinya, dia gak mau ngotorin musiknya dengan uang. Tapi itu cuma pendapatnya, dia nyaranin ke kawan2nya, kalo emang kawan2nya suka dengan tawaran itu, silakan, tapi dia gak ikut. Bobby ngeliatin kawan2nya lagi. Joe dan Jonni senyum, kami ada di belakang Bobby katanya, mereka minta maaf ke si pemuda agak rapi itu karena nolak tawarannya. Si pemuda itupun gak bisa maksa, dia pergi.

Gila nih si Bobby, buang2 kesempatan. Emang apa maunya? Kalo gak dari musik, dari mana lagi dia bisa dapat duit? Dasar bego', bengak...!!! Bobby du2k di situ, Rani di sebelahnya, yang lain ikut du2k. Bobby bicara kecil, aku bakalan pulang katanya, Rani senyum di sebelahnya. Apa..!!! Pulang..?!!! Yeaaaaaaa... Akhirnya pulang!! Kaya'nya Bobby dengar harapan aku untuk pulang. Tapi kenapa tiba2 dia kepikiran untuk pulang ya..?? Pasti tadi ada kejadian yang bikin Bobby sadar, tapi apa ya??

Yang lain cuma terdiam dengar statement Bobby tadi, mungkin mereka juga mikir yang kaya' aku pikir. Tiba2 HP Maya bunyi, Maya ngangkat telponnya, lalu dikasih ke Bobby HP itu. Bobby naruk HP itu di kupingnya, dia cuma bilang kata halo lalu diam, gak ngomong apa2, cuma dengar. HP itupun ditutup. Bobby diam sebentar. Jonni rupanya penasaran dengan telpon itu. Bobbypun ngejelasin, itu rupanya telpon dari ka2knya, ka2knya ngabarin kalo abang Bobby meninggal, OD. Semua yang dengar berita itu cuma bisa diam, nunduk.

Mereka cuma diam2an, du2k di situ sampe sore, sampe acara itu tiba di penghujungnya, pengumuman pemenang, dimulai dari peringkat 3, bandnya pemuda rocker yang nantangin Bobby di kantin kampus. Dia nampak sombong naik ke panggung, ngeliat ke arah Bobby dan kawan2nya. Peringkat 2, band lain, gak kenal aku dengan band itu, dan sang pemenangnya adalah......, udah bisa ditebak, NYAMUK....!!!!!! Mereka jalan ke atas panggung, buat ngambil hadiah, yang keliatan paling senang adalah si gembel kecil. Sekarang udah ada biaya untuk bapaknya. Selesai ambil duit hadiah, Bobby ngasih duit itu ke Maya, ditambah dengan duit yang ada di dompet Bobby, Maya diminta untuk ngurus pengobatan bapak si gembel kecil itu, Bobby bakal nyusul ke rumah sakit, dia mau sendiri dulu sebentar, yang lainpun ngerti, mereka pergi. Bobby kini sendiri.

Bobby mulai lagi jalan kaki, nyandang ranselnya, nenteng gitar akustiknya, yang elektrik dititip di mobil Maya. Bobby jalan ke rumah sakit sambil ngerokok. Aku masih penasaran dengan alasan awal Bobby pengen pulang, dia ngucapin itu sebelum dapat kabar abangnya meninggal tadi, apa alasan awalnya???

Dan sampe juga Bobby di rumah sakit, rupanya si bapak gembel belum dioperasi, Bobby pengen ngeliat orang yang dibantunya itu, Bobby terdiam. Aku juga terdiam, perasaan aku pernah ngeliat nih orang, tapi di mana ya? Si bapak senyum begitu ngeliat bahwa orang yang bantuin dia adalah Bobby. Bobby udah ingat siapa bapak ini, mereka ngobrol, tapi aku masih belum ingat, siapa ini bapak?

Buset, dingin bener rumah sakit ini, aku keluar dari lobang gitar Bobby, terbang ke ransel yang koyak, di sini lebih hangat. Dari percakapan si bapak dengan Bobby, sekarang aku ingat! Bapak ini adalah bencong yang dulu bicara dengan Bobby di taman, dia ketabrak, makanya harus operasi.

Si bapak sangat berterima kasih ke Bobby, Bobby nyeritain semua masalahnya ke si bapak, Bobby juga berterima kasih ke si bapak atas kata2nya malam itu. Buset, aku koq ngeluarin air mata, aku gak boleh nangis, aku gak mau nagis, tapi air mata gak bisa kubendung, sialan...!!!

Si bapak akhirnya ditinggal di rumah sakit oleh anak2 "nyamuk". Di parkiran mobil Jonni nanya ke Bobby alasan awal Bobby mutusin untuk pulang, Rani lagi2 senyum. Bobbypun ceita, tadi rupanya waktu Bobby pergi sama Rani, mereka jumpain dosen Rani yang tertarik dengan kemampuan Bobby itu, si dosen yang juga pengusaha konstruksi itu, rupanya mau buka cabang perusahaannya di kota Bobby, dan Bobby diminta untuk ngurusin cabang itu, si dosen tampaknya emang betul2 yakin dengan kemampuan Bobby.

Maya nanya, "apa kita pulang sekarang?" Begita tanyanya. Bobby ngangguk, Joe dan Jonni keliatan senang. Tapi akulah makhluk yang paling senang dengan keadaan ini, pulang kampung..!! Mereka berangkat, Bobby nyetir mobil Maya, tapi sebelum pulang kampung, mereka ngantar Rani dulu ke rumahnya, rupanya itu rumah sewaan, Rani bukan asli warga kota ini, pantesan orang tuanya gak ada di rumah itu, dia tinggal sendirian, berani juga nih cewe'.

Sampe juga di rumah Rani, Rani turun, yang lain juga ikut turun dari mobil, salam perpisahan buat Rani, yang terakhir salam adalah Bobby. Busettt..., Bobby ngungkapin kalo dia suka sama Rani, Maya terdiam dengar itu, dia pasti cemburu, hahahaha...... Rani cuma diam, terkejut dengan kata2 Bobby itu. Bobby dan kawan2nya sekarang balik masuk ke mobil, Bobby yang nyetir, Maya di sebelahnya, mereka cabut, Rani masih berdiri di depan rumahnya waktu kami pergi, Rani masih keliatan terkejut dengan kata2 Bobby tadi, rupanya Bobby bisa juga suka sama cewe', hahahaha..... Yang penting sekarang, puuuulaaaaang kampuuuuunggg...!!!!!!!!!

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Membenarkan yang salah, menyalahkan yang benar